Selasa, 03 September 2013

0 Peluang Usaha Yang Bisa di Kembangkan di Sekolah

Kali Ini C2i Share Tugas sekolah ADMIN yaitu, Tugas KWU. Silahkan di baca dan Jangan Lupa Like FansPage Kami.

Adakah dari kalian yang ingin menjadi wirausaha??? menjadi seorang wirausaha dibutuhkan keuletan dan 
ketekunan, selain pantang menyerah seorang wirausaha juga harus cerdas mengatur strategi dalam usahanya. terkadang kita merasa ragu untuk berwirausaha karena keterbatasan modal, tapi bukan seorang calon wirausaha namanya kalo gampang menyerah. Disini saya akan berbagi tentang jenis-jenis usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil, modal kecil bukan berarti pendapatannya selalu kecil, usaha modal kecil bisa kita kembangkan apabila kita memandang cukup kiranya usaha kita bisa dikembangkan, salah satu caranya adalah meminjam modal dari Bank Pembiayaan Rakyat ( diusahakan BPR Syariah karena sistemnya bagi hasil bukan bunga jadi lebih afdhol ). Ingaatt.. segala usaha yang kita jalankan tidak dapat langsung membuahkan kesuksesan..karena kesuksesan adalah suatu yang didapat melalui proses, ada kalanya ditengah perjalanan kita mengalami kegagalan tapi jangan takut tetap berusaha dan berdoa pasti akan dibukakan jalan oleh Allah swt.. hehe malah ceramah.. oke nih langsung aja yaa… simak baik-baik alternatif usaha apa saja yang mungkin kalian minati.
1. Jus Buah
  • Jus buah memang sangat diminati oleh orang-orang karena selain di Indonesia yang cuacanya lebih sering panas daripada dingin, jus buah juga sangat murah dan enak. Hal yang harus pertama dilakukan adalah mencari tempat yang strategis, nyaman dan bersih, tentu saja dekat dengan pusat keramaian, misalnya seperti dekat kampus, sekolah, perkantoran, pinggir jalan, atau pusat pertokoan dan lain-lain. Untuk peralatannya yaitu blender, gerobak jus ( tentu saja dengan tampilan yang menarik ), termos es untuk tempat es, pisau buah untuk memotong, toples untuk tempat gula cair, teko untuk tempat air matang, gelas plastik untuk jus yang sudah jadi, serbet untuk lap bersih, ember untuk air bersih, sedotan, sendok, alat perasan jeruk dan saringan, serta alas untuk memotong buah. Sedangkan bahan bakunya yaitu aneka buah, gula pasir, air, es batu, susu, bisa juga ditambahkan bahan lain seperti meses atau coklat cookies atau bisa juga agar-agar yang sudah dipotong agar tampilan jus bisa lebih menarik, ingat kebersihan adalah yang utama. dalam usaha jus buah ini sangat sedikit sekali kendala kecuali jika sudah banyak saingan dari wirausaha lain yang membuka usaha yang sama. tapi kita harus pintar mencari trik untuk lebih unggul dari pesaing kita, mungkin bisa dari segi rasa, kebersihan, maka pelanggan akan tahu mana yang lebih disukai. jus buah dapat dijual dengan kisaran harga Rp. 3000 – Rp. 5.000, untuk memulai usaha ini cukup dengan modal 2 juta saja.
2. Roti Bakar
Bisnis roti bakar memang sudah biasa, tapi kalo kita pandai berinovasi dengan menambah rasa yang lebih bervariasi dan cara promosi yang unik, pasti bisa menarik pelanggan lebih banyak. dibawah ini adalah Rincian kebutuhan modal yang disiapkan :
  • Membeli Tempat untuk jualan (Gerobag) :Rp.2.000.000,-
    -Membeli Tempat untuk bakar roti (Wajan) :Rp. 300.000,-
    -Membeli Kompor Gas + Gas : Bisa didapat dirumah.. hehehe..
    -Membeli Dekelit 3 x 4 m :Rp. 150.000,-
    -Membeli Tempat selai (Toples) 4 buah :Rp. 40.000,-
    -Membeli Garpu roti :Rp. 15.000,-
    -Membeli Pisau roti :Rp. 8.000,-
    -Membeli Solet besar 4 biji :Rp. 16.000,-
    -Membeli Solet Kecil 4 biji :Rp. 20.000,-
    -Membeli parutan keju 2 buah :Rp. 9.000,-
    -Membeli Tempat garpu,pisau,dll :Rp. 45.000,-
    -Membuat Sticker dan daftar harga roti :Rp. 30.000,-+
    Jumlah :Rp. 2.633.000,-
  • (Biaya Bahan Baku)
  • Membeli roti tawar 30 bungkus : Rp. 180.000
    -Membeli Selai strawberry 5 kg :Rp. 35.000,-
    -Membeli Selai nanas 5 kg :Rp. 35.000,-
    -Membeli Simas 5 kg :Rp.45.000,-
    -Membeli cokelat ceres 5 kg :Rp.70.000,-
    -Membeli kacang 2 kg :Rp. 28.000,-
    -Membeli susu 15 kaleng :Rp. 90.000,-
    -Membeli keju 8 biji :Rp.84.000,-
    -Membeli pisang 1 tundun :Rp. 30.000,-
    -Membeli plastic 3 pack :Rp. 12.000,-
    -Membeli kertas roti 1 pack :Rp. 15.000,-+
    Jumlah :Rp.,- 624.000,- .Jadi Modal Awalnya adalah Modal Tetap (Peralatan dll + Modal Bahan Baku)Jumlah Modal Awal = Rp. 2.633.000 + Rp. 624.000 = Rp. 3.257.000
  • Daftar Harga dan Daftar Variasi Rasa Roti Bakar
    Nanas/Strawbery Rp. 6.000,-
    Kombinasi Nanas/Strawbery + Kacang Rp. 6.500,-
    Kombinasi Nanas/Strawbery + Pisang Rp. 6.500,-
    Kombanisi Nanas/Strawbery + Coklat Rp. 7.000,-
    Kombinasi Nanas/Strawbery + Keju Rp. 7.000,-
    Coklat + Coklat Rp. 7.500,-
    Kombinasi Coklat + Pisang Rp. 7.500,-
    Kombinasi Coklat + Kacang Rp. 7.500,-
    Pisang + Pisang Rp. 8.000,-
    Kacang + Kacang Rp. 8.000,-
    Kombinasi Kacang + Pisang Rp. 8.000,-
    Kombinasi Keju + Pisang Rp. 8.500,-
    Kombinasi Keju + Coklat Rp. 8.500,-
    Kombinasi Keju + Kacang Rp. 8.500,-
    Keju + Keju Rp. 9.000,-
    Special Rp.10.000,-
Catatan : Modal diatas bisa lebih diminimalkan sesuai modal yang kita miliki dan untuk harga roti bakar bisa disesuaikan dengan harga pasaran saat ini dimana kita harus menjual dengan harga yang bersaing.
3. Laundry
Usaha Laundry adalah salah satu usaha yang sangat menguntungkan karena dalam situasi sekarang ini orang-orang banyak disibukkan oleh pekerjaan mereka, apalagi para mahasiswa yang sering sekali menggunakan jasa Laundry. Bagaimana jika sudah banyak Laundry di daerah anda? memang harus cukup kerja keras untuk “mengambil hati” para pelanggan. Usahakan ada promosi-promosi dalam jangka waktu tertentu, dan yakinkan pada pelanggan bahwa Laundry di tempat kita memiliki kualitas yang bagus, dari segi kebersihan, harga, dan pelayanan. berikut rincian usaha dan modalnya.
  • Untuk Sewa tempat cari di pusat-pusat keramaian seperti di pinggir jalan, untuk harga sewa saya misalkan Rp.300.000/bln
  • Mesin Cuci cukup 1 unit dulu, kalo kita tidak bisa membeli cash, kita bisa membeli lewat kredit, misalkan mesin cuci samsung kapasitas 7 kg harga cicilan Rp. 320.000/bln selama 1 tahun.
  • Mesin Pengering pembelian juga bisa lewat kredit dengan ciiclan Rp. 300.000/bln selama 1 tahun
  • Setrika Rp. 100.000 ( ini yang bagus )
  • Meja Setrika Rp. 250.000
  • Timbangan baju Rp. 135.000
  • Perlengkapan cuci dan setrika seperti detergen, pewangi pakaian, 1 paket plastik pakaian, hanger pakaian 12 lusin dan keranjang Laundry semuanya saya global jadi Rp. 400.000/bln
  • Biaya Promosi spanduk ukuran 200 cm x 45 cm Rp. 180.000
Jadi Jumlah keseluruhannya Modal Awal yaitu = Rp. 1.985.000
4. Toko Sembako
Memulai usaha toko sembako jangan membayangkan dengan modal puluhan juta karena usaha ini bisa dirintis dengan modal yang minim, sembako sebagai sebuah kebutuhan pokok masyarakat dijamin gak ada matinya, karena setiap orang pasti membutuhkannya. Nah berikut adalah daftar kebutuhan pokok yang wajib disediakan serta berapa modal yang kita butuhkan untuk membuka toko sembako.
  1. Beras
  2. Gula Pasir
  3. Garam
  4. Telur
  5. Mie Instan
  6. Minyak Goreng
  7. Tepung ( Tepung gandum, Tepung Beras, Tepung Ketan )
  8. Sabun Mandi
  9. Shampo
  10. Detergen
  11. Pasta Gigi
  12. Pembalut Wanita
Tips Suksesnya berikan service yang ramah pada pelanggan dan memberikan diskon pada waktu-waktu tertentu, serta memberikan service delivery bila ada pelanggan yang membeli dengan jumlah banyak.Dengan Modal 3jt sampai 4 jt anda sudah bisa membeli bahan2 diatas dengan perincian jumlah masing-masing barang disesuaikan dengan jumlah modal anda, untuk tempatnya cukup memanfaatkan rumah kita saja.
5. Toko Alat Tulis Kantor
Toko Alat Tulis Kantor adalah salah satu usaha yang amat menjanjikan selain banyak yang membutuhkan seperti sembako diatas, alat tulis juga merupakan kebutuhan pokok yang setiap saat dicari, saya akan memberikan daftar barangnya, untuk harga silahkan untuk melakukan survei harga diberbagai tempat karena harga bisa berbeda dan berubah-ubah di setiap tempat. Ini dia daftar barangnya :
  1. Kertas HVS/F4 70 gr
  2. Kertas HVS/F4 80 gr
  3. Kertas Kuarto/A4 70 gr
  4. Kertas Kuarto 70 gr
  5. Buku Tulis
  6. Bolpoint
  7. Pensil
  8. Penghapus
  9. Penggaris
  10. Rautan
  11. Amplop berbagai ukuran dan Jenis
  12. Binder Clip
  13. Paper Clip
  14. Staples
  15. Isi Staples
  16. Spidol White Board
  17. Spidol Kecil
  18. Kertas Folio
  19. Cover Buffalo
  20. Cover Mika
  21. Lakban Hitam
  22. Lem
  23. Snelheter
  24. Tip-Ex
  25. Buku Ekspedisi isi 100
Banyak banget kan tapi itu bisa disiasati kok, modalnya cukup 4jt-5jt, untuk penjualan pertama tak perlu stok banyak-banyak yaa…..Tips untuk membuka usaha alat tulis kantor adalah sama dengan toko sembako, yaitu memberikan pelayanan yang ramah dan selalu mengucapkan terima kasih pada pelanggan serta memberikan service pesan antar bagi pelanggan yang membeli barang dalam jumlah banyak, kemudian jangan menyetok barang pada saat Tahun Ajaran baru karena biasanya harga dari distributor naik, jadi belilah sebelum itu untuk menghindari kenaikan harga.
6. Menjadi Agen
Menjadi agen tak harus mengeluarkan modal besar, kita cukup mengambil barang dari grosir dan menjualnya dengan keuntungan yang wajar. berikut adalah daftar Agen Barang :
  1. Agen Minuman Galon
  2. Agen Beras
  3. Agen Pulsa
  4. Agen Pakaian ( Kaos, Batik, dll )
  5. Agen Tiket Nus, Peswat / Kereta Api
  6. Agen Souvenir
  7. Agen Gas LPG
  8. Agen Majalah/Koran/Tabloid dan sejenisnya
  9. Agen Obat Herbal
  10. Agen Kosmetik Wanita, dan masih banyak lagi yang lainnya.
7. Ternak ikan
Menjadi seorang Pembudidaya ikan tidak lah sulit, kalian bisa mencari referensi bagaimana cara budidaya ikan di buku-buku atau sekarang ini paling mudah dicari yaitu di internet, berikut adalah estimasi modal awal :
  1. Benih 1.000 ekor @250 = Rp 250.000
  2. Pakan 10 kg @160.000 = Rp 1.600.000
  3. Peralatan dan lainnya = Rp. 150.000
Jumlah Modal Rp. Rp. 2000.000 untuk kolam ikannya kita sediakan tempat dirumah kita saja… mudah kan..??
Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca, jika ada tambahan atau ada saran saya tunggu commentnya disini… :-)


Related Post:

0 komentar:

Poskan Komentar